Ciri-ciri Baja yang Berkualitas

Ciri-ciri Baja yang Berkualitas

Berikut merupakan ciri-ciri baja yang berkualitas

Jasa Konstruksi Baja Solo
Jasa Konstruksi Baja Solo

Baja adalah logam paduan, logam besi yang berfungsi sebagai unsur dasar dicampur dengan beberapa elemen lainnya, termasuk unsur karbon. Kandungan karbon dalam paduan baja ialah antara 0.002% sampai 2.14% dari berat paduan besi–karbon. Jumlah ini bisa bervariasi tergantung dari elemen pemadu yang ada di dalam paduan seperti mangan, krom, nikel, besi, tungsten, karbon, dan lain sebagainya.

Berikut merupakan ciri-ciri baja yang berkualitas.

  1. Tinggi (H) dan lebar (B) profil sama dengan tabel baja. Kecuali jenis baja CNP, besi siku, besi beton dan stal kotak. Beberapa konsultan perencana memberi toleransi, yaitu ≤ 0,3 mm. Dan perlu Anda tahu material yang paling sering menyalahi ketentuan ini adalah CNP dan besi beton.
  2. Sementara tebal profil (t) baja WF, H-Beam, besi siku dan UNP juga wajib sama dengan tabel. Sedangkan untuk material lainnya adalah tergantung ketentuan dalam RKS. Mengenai ketebalan profil, kecuali WF dan H-Beam. Hampir semua baja perlu Anda waspadai.
  3. Panjang batang. Umumnya adalah 6,0 meter dan 12,0 meter. Maka bila kurang dari ukuran tersebut berarti tidak sesuai ketentuan. Perlu Anda ketahui, yang kerap melanggar ketentuan standar ukuran adalah besi beton.

Jasa Konstruksi baja terpercaya di Solo Welding.

  1. Pinggiran/ujung batang tampak rata. Dengan kata lain tidak terjadi luber saat memotong. Hali ini mengakibatkan material tampak tebal. Padahal sebenarnya tidak.
  2. Ketebalan bahan merata. Selain melalui cek ukuran. Tebal bahan rata atau tidak bisa Anda ketahui dengan cara meraba.
  3. Permukaan rata dan halus. Artinya tidak ada tonjolan-tonjolan atau bidang yang mengalami tekuk.
  4. Pada batang tidak ada bekas sambungan las.
  5. Sudut-sudut profil benar-benar siku (90º).
  6. Material baja tidak menghasilkan kerak yang berlebihan. Khususnya sewaktu memotong baja menggunakan blender potong. Khususnya jenis pelat baja yang tebal.
  7. Pengelasan baja berjalan lancar dan sempurna.
  8. Permukaan lubang baut tidak mengalami retak rambut. Umumnya karena menggunakan mesin pon (punch drill).

Hal di atas merupakan beberapa ciri-ciri baja yang berkualitas. Selanjutnya apakah Anda sudah menentukan baja pilihan Anda?

Terima kasih telah membaca artikel kami:)